Tips Liburan Minim Budget

Ketika mendengar kata Jogja, yang terlintas di benak kita pastinya adalah salah satu destinasi wisata lokal yang sangat diminati. Kita dapat langsung membayangkan gambaran candi Borobudur, Malioboro, Keraton Yogyakarta dan gudeg yang menjadi ciri khas kota Jogja. Masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di Jogja. Tertarik untuk berlibur kesana namun terhalang biaya? Tidak perlu khawatir, kalian dapat liburan ke Jogja dengan budget yang minim kok, berikut tips-tipsnya.

Tips Liburan Minim Budget

Pertama, buat kamu yang berasal dari luar kota, kamu bisa menggunakan kereta sebagai pilihan transportasi. Kalian bisa pesan tiket kereta dari jauh-jauh hari, karena biasanya sering ada promo tiket kereta dengan harga murah untuk tanggal pemberangkatan yang cukup jauh dari tanggal pemesanan tiket. Kalian bisa pilih kereta kelas ekonomi untuk mendapatkan harga yang semakin miring tentunya. Walaupun mungkin rasanya tidak senyaman naik kereta kelas bisnis, tapi yang penting liburannya kan?

Untuk penginapan, kalian bisa mencari penginapan yang bertarif rendah, tidak mewah memang, namun itu cukup untuk dipakai beristirahat. Kalian bisa mencari penginapan di daerah Sosrowijayan, daerah ini terkenal dengan banyak penginapan yang cukup murah. Mulai dari hotel bintang 1 sampai losmen ada disana. Bahkan masih ada penginapan yang memasang tarif dibawah 100 ribu per-malam loh. Kalian gak perlu mencari penginapan mewah, karena kan kalian ke Jogja mau liburan, bukan mau tidur di penginapan doang. Oh iya, kalian juga bisa melihat di situs penyewaan penginapan di internet untuk mencari penginapan dengan harga yang miring.

Untuk makanan selama di Jogja, kalian gak perlu khawatir. Jogja itu terkenal banget sama makanan-makanan yang enak, tapi gak menghabiskan isi dompet. Dibanding kota-kota lain yang sering dijadikan destinasi wisata, di Jogja kalian bisa menemukan makanan seharga 10.000-20.000 yang udah bikin perut kenyang dan lidah senang. Jadi, gak usah panik uang kalian akan gak cukup, makanan di Jogja murah-murah kok. Tapi, pastikan kalian jangan makan di daerah Malioboro ya. Karena Malioboro udah jadi destinasi wisata yang banyak didatangi wisatawan, maka harga makanan disana menjadi lebih mahal di banding tempat lain.

Untuk transportasi selama di Jogja, kalian bisa menggunakan Trans Jogja untuk berpergian. Tapi, kalau kalian punya pengetahuan lebih tentang daerah-daerah di Jogja, gak ada salahnya kalian buat menyewa motor dan berpergian sendiri kemanapun kalian mau. Tarif menyewa motornya sendiri juga cukup murah, 50.000 per-hari, tapi belum termasuk bensin loh ya. Jika kalian berpergian ramai-ramai, lebih baik kalian menyewa mobil dan bisa membayarnya bersama-sama deh. Jangan lupa, sebelum menyewa, pastikan kalian sudah menawar harga sewa sesuai dengan kemampuan kalian ya.

Sebelum berangkat ke Jogja, pastikan kalian sudah menentukan tujuan wisata terlebih dahulu. Ini akan memudahkan kalian selama di Jogja, karena kalian gak perlu lagi bingung mau pergi ke mana terlebih dahulu. Jangan lupa pilih destinasi wisata yang harga tiket masuknya cukup murah, sehingga tidak terlalu membebankan dompet kalian.

Yang terakhir dan yang terpenting, pastikan kalian memiliki kemampuan tawar-menawar  yang cukup baik. Saat kembali liburan, pastinya kita harus membawa oleh-oleh kan? Salah satu pusat berbelanja oleh-oleh adalah Malioboro, tapi kita sama-sama tahu sejak Malioboro menjadi destinasi wisata, harga barang disana melambung tinggi, dan ini lah saatnya kalian mengeluarkan bakat tawar-menawar kalian. Pastikan harga barang yang kalian beli sesuai dengan isi dompet, kalian bisa membeli gantungan kunci berbentuk Candi Borobudur, misalnya. Atau mungkin membeli kaos khas Jogja yang bertebaran di Malioboro. Pokoknya, hanya satu kuncinya, kalian harus mampu menawar harga sebaik mungkin ya.

Nah itu semua adalah tips-tips liburan dengan budget minim di Jogja, jadi kapan nih kalian berlibur kesana?